Rabu, 01 Mei 2013

AREC Butylated Hydroxytoluene (BHT)





1.     ASSESMENT
Hydoxytoulene Butylated (BHT), yang juga dikenal dengan butylhydroxytoulene adalah senyawa lipofilik yang larut dalam lemak organic yang trutma digunakan sebagai zat aditif antioksidan serta aditi oksidan dalam kosmetik, farmasi, bahan bakar jet, karet dll.


Sifat Umum :

Rumus kimia : C15H24O
·         Sensitif terhadap panas



2.     RECOGNITION
Reaktivitas
Butylated Hydroxytoluene (BHT)  dapat bersinergi dengan propil galat
Propil galat memiliki sifat-sifat : (1) dapat bersinergis dengan BHA dan BHT, (2)    sensitif terhadap panas, (3) membentuk kompleks berwarna dengan ion logam, oleh karenanya jika dipakai dalam makanan kaleng dapat mempengaruhi penampakan produk.

Tebakar
Jika terbakar bahan kimia Butylated Hydroxytoluene (BHT)  ini sangat berbahaya dan harus segera mengisolasi tempat terjadinya kebakaran dari orang, bahkan dalam pemadaman ketika terjadi kebakaran juga harus menggunakan cara trtentu untuk memadamkan.

Bahan ini sangat toksik bagi kehidupan air dengan efek yang berakhir lama. Air bekas memadamkan kebakaran yang tercemar dengan bahan ini harus dibendung dan dicegah agar tidak mengalirmasuk/dibuang ke saluran air, parit, atau selokan. Alat yang tepat untuk memadamkan kebakaran ketika terjadi kebakaran bahan komia ini adalah karbon dioksida, busa, serbuk kering.

3.     EVALUATION
·         Jika terjadi kontak dengan mata Segera menyiram mata dengan air yang banyak serta kadangkadang mengangkat kelopak mata atas dan bawah. Periksa apakah memakai lensa kontak, dan lepaskan jika ada. Lanjutkan dengan membilas sedikitnya selama 10 menit. Dapatkan bantuan medis jika terjadi iritasi.

·         Jika terhirup Pindahkan korban ke udara segar dan jaga di posisi istirahat yang nyaman untuk pernafasan. Jika tidak bernapas, jika napas tidak teratur atau jika terjadi serangan pernapasan, sediakan pernapasan buatan atau oksigen oleh petugas terlatih. Mungkin dapat membahayakan bagi orang yang memberikan pertolongan resusitasi dari mulut-ke-mulut. Dapatkan pertolongan medis jika efek buruk pada kesehatan terus berlanjut atau parah. Jika tidak sadarkan diri, baringkan pada posisi pemulihan dan segera dapatkan pertolongan medis. Jaga agar saluran pernapasan tetap terbuka. Longgarkan pakaian yang ketat seperti, bagian leher, dasi, ikat pinggang atau lingkar pinggang.

·         Jika tejadi kontak dengan kulit Bersihkan kulit langsung dengan banyak air dan sabun. Selanjutnya bersihkan dengan polietileneglikol 400, setelah itu menyuci lagi dengan air dan sabun. Dapatkan bantuan medis jika iritasi berkembang. Cuci pakaian sebelum dikenakan lagi.Bersihkan sepatu secara menyeluruh sebelum digunakan kembali.

·         Cuci mulut dengan air. Lepaskan gigi palsu jika ada. Pindahkan korban ke udara segar dan jaga di posisi istirahat yang nyaman untuk pernafasan. Jika bahan sudah tertelan dan orang yang terkena dalam keadaan sadar, berikan air minum dalam jumlah sedikit. Hentikan, jika orang yang terkena merasa mual karena muntah dapat membahayakan. Jangan memaksakan muntah kecuali disuruh melakukannya oleh petugas medis. Jika terjadi muntah, kepala harus ditundukkan agar muntahan tidak masuk ke dalam paru-paru. Dapatkan pertolongan medis jika efek burukpada kesehatan terus berlanjut atau parah. Dilarang memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang di bawah sadar. Jika tidak sadarkan diri, baringkan pada posisi pemulihan dan segera dapatkan pertolongan medis. Jaga agar saluran pernapasan tetap terbuka. Longgarkan pakaian yang ketat seperti, bagian leher,dasi, ikat pinggang atau lingkar pinggang.

·         Jauhkan botol baja dari sumber api dan bunga api.
·         Dilarang mengubah atau memindahkan setiap tanda yang digunakan untuk petunjuk-petunjuk isinya.

4.     CONTROLLING
·         Jangan simpan di dekat tempat yang sangat panas atau dekat dengan api yang menyala.
·         Penggunaan alat pelindung diri (APD) yang lengkap:
-          Pelindung sarung tangan         : viton atau neoprene
-          Perlindungan untuk mata        : kaca mata pelindung debu untuk mencegah kontak dengan mata
-          Perlindungan untuk hidung    : gunakan respirator pemurni udara
-          Peralatan perlindungan tambahan       : boot karet, baju perlindungan dan celana, pancuran yang aman dan fasilitas untuk mencuci mata harus tersedia

·         Pemindahan
-          Tidak boleh di jatuhkan, benturan satu sama lain, menerima goncangan, dan diseret.
-          Menurunkan wdah dari truk harus di beri bantalan kayu atau karet.
-          Pemindahan wadah harus menggunakan kereta dorong, dimana botol baja dalam keadaan tegak.

·         Penyimpanan
-          Jangan simpan diatas suhu berikut ini: 50°C (122°F). Simpan sesuai dengan peraturan setempat. lainnya karena akan mengakibatkan naiknya tekanan dalam botol baja.
-          Simpan di wadah aslinya terlindung dari sinar matahari langsung di tempat yang kering, sejuk dan berventilasii baik jauh dari bahan yang tidak cocok  dan makanan dan minuman.
-     Jaga agar wadah tertutup rapat dan tersegel sampai siap untuk digunakan.
                  -     Gunakan bendungan yang layak untuk menghindari kontaminasi pada  
                        lingkungan.
·         Terhadap kebocoran  
1. Jagalah agar tumpahan bahan tidak menyebar, mengalir ke tanah,saluran air, parit dan
    selokan.
2. Beritahu pihak berwewenang yang terkait jika produk telah menyebabkan polusi  
    lingkungan (saluran pembuangan, aliran air, tanah atau udara).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar