Rabu, 16 Mei 2012

AMENORHEA


AMENORHEA

Apa itu amenorrhea?

Amenore adalah istilah medis untuk tidak adanya periode menstruasi, baik secara permanen atau sementara. Amenorrhea dapat diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder. Dalam amenore primer, periode menstruasi tidak pernah dimulai (berdasarkan umur 16), sedangkan amenore sekunder didefinisikan sebagai tidak adanya menstruasi selama tiga siklus berturut-turut atau jangka waktu lebih dari enam bulan pada wanita yang sebelumnya menstruasi.

Siklus menstruasi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor internal seperti perubahan sementara di tingkat hormonal, stres, dan penyakit, serta faktor eksternal atau lingkungan. Hilang satu periode menstruasi jarang tanda masalah serius atau kondisi medis yang mendasari, tapi amenore dari durasi yang lebih lama mungkin menandakan adanya suatu penyakit atau kondisi kronis.

Apa yang menyebabkan amenorrhea?

Siklus menstruasi normal terjadi karena perubahan kadar hormon dibuat dan dikeluarkan oleh indung telur. Ovarium merespon sinyal hormon dari kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak, yang, pada gilirannya, dikendalikan oleh hormon yang diproduksi di hipotalamus otak. Gangguan yang mempengaruhi setiap komponen siklus peraturan dapat menyebabkan amenore. Namun, penyebab umum amenore pada wanita muda kadang-kadang diabaikan atau disalahpahami oleh individu dan lain-lain, adalah kehamilan yang tidak terdiagnosa. Amenore pada kehamilan merupakan fungsi fisiologis normal. Kadang-kadang, masalah mendasar yang sama dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi baik untuk amenore primer atau sekunder. Sebagai contoh, masalah hipotalamus, anoreksia atau olahraga ekstrim dapat memainkan peran utama dalam menyebabkan amenore tergantung pada usia orang dan jika ia telah mengalami menarche.
Amenore primer

Amenore primer biasanya merupakan hasil dari kondisi genetik atau anatomi pada wanita muda yang tidak pernah mengembangkan periode menstruasi (pada usia 16) dan tidak hamil. Banyak kondisi genetik yang ditandai dengan amenore adalah kondisi di mana beberapa atau semua organ normal wanita internal baik gagal untuk membentuk normal selama perkembangan janin atau gagal berfungsi dengan baik. Penyakit kelenjar pituitary dan hipotalamus (suatu wilayah otak yang penting untuk mengontrol produksi hormon) juga dapat menyebabkan amenore primer sejak daerah ini memainkan peran penting dalam pengaturan hormon ovarium.

disgenesis gonad adalah nama dari kondisi di mana ovarium sebelum waktunya habis folikel dan oosit (sel telur) yang menyebabkan kegagalan prematur ovarium. Ini adalah salah satu kasus yang paling umum dari amenore primer pada wanita muda.

Penyebab lain genetik sindrom Turner, di mana perempuan kurang semua atau bagian dari salah satu dari dua kromosom X yang biasanya ada pada wanita. Pada sindrom Turner, ovarium diganti dengan jaringan parut dan produksi estrogen minimal, mengakibatkan amenore. Estrogen-induced pematangan dari alat kelamin perempuan eksternal dan karakteristik seks juga gagal terjadi pada sindrom Turner.

Kondisi lain yang mungkin penyebab dari amenore primer termasuk ketidakpekaan androgen (di mana individu telah XY (laki-laki) kromosom tetapi tidak mengembangkan karakteristik eksternal laki-laki karena kurangnya respon terhadap testosteron dan efek nya), hiperplasia adrenal bawaan, dan polikistik ovary syndrome (PCOS).
Amenore sekunder

Kehamilan adalah penyebab yang jelas dari amenore dan merupakan alasan yang paling umum untuk amenore sekunder. menyebabkan lebih lanjut bervariasi dan dapat mencakup kondisi yang mempengaruhi indung telur, rahim, hipotalamus, atau kelenjar pituitari.

amenore hipotalamus didefinisikan sebagai amenore yang disebabkan gangguan dalam hormon regulator yang diproduksi oleh hipotalamus di otak. Hormon ini mempengaruhi kelenjar pituitary, yang pada gilirannya mengirim sinyal ke ovarium untuk menghasilkan hormon siklik karakteristik. Beberapa kondisi dapat mempengaruhi hipotalamus dan menyebabkan amenore hipotalamus, seperti:

    * Berat badan ekstrim,

    * Stres emosional atau fisik,

    * Latihan ketat, dan

    * Penyakit parah.

Jenis lain kondisi medis dapat menyebabkan amenore sekunder:

    * Tumor atau penyakit lain dari kelenjar pituitary yang menyebabkan peningkatan kadar hormon prolaktin (yang terlibat dalam produksi susu) juga menyebabkan amenore karena kadar prolaktin tinggi;

    * Hipotiroidisme;

    * Peningkatan kadar androgen (hormon laki-laki), baik dari sumber luar atau dari gangguan yang menyebabkan tubuh untuk menghasilkan tingkat terlalu tinggi hormon laki-laki;

    * Ovarium gagal (kegagalan ovarium prematur atau menopause dini);

    * Polycystic ovary syndrome, dan

    sindrom * Asherman adalah contoh penyakit rahim yang menyebabkan amenore. Ini hasil dari parut pada lapisan rahim instrumentasi berikut (seperti dilatasi dan kuretase) dari rongga rahim untuk mengelola perdarahan postpartum atau infeksi.

Post-pil amenore

Wanita yang telah berhenti minum pil kontrasepsi oral harus mengalami kembalinya menstruasi dalam waktu tiga bulan setelah menghentikan penggunaan pil. Sebelumnya, diyakini bahwa pil KB meningkatkan risiko seorang wanita amenore berikut menggunakan pil tersebut, tetapi ini telah terbukti tidak demikian. Wanita yang tidak melanjutkan haid setelah tiga bulan telah berlalu sejak pil kontrasepsi oral dihentikan harus dievaluasi untuk penyebab amenore sekunder.
Apa saja gejala amenore?

Amenore primer atau sekunder (masing-masing) dianggap hadir ketika seorang gadis memiliki:

    * Tidak dikembangkan periode menstruasi pada usia 16; atau

    * Seorang wanita yang sebelumnya memiliki siklus haid berhenti memiliki periode menstruasi selama tiga siklus berturut-turut, atau untuk jangka waktu enam bulan atau lebih dan tidak hamil.

Gejala lain dan tanda mungkin ada, yang sangat variabel dan tergantung pada penyebab amenore tersebut. Misalnya, gejala ketidakseimbangan hormon atau kelebihan hormon laki-laki dapat mencakup periode menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, pendalaman suara, dan jerawat. Peningkatan prolaktin tingkat sebagai penyebab amenore dapat mengakibatkan galaktorea (keluarnya cairan dari puting susu yang tidak berhubungan dengan ASI normal).

Kapan saya harus mencari perawatan medis untuk amenore?

Itu selalu tepat untuk mencari perhatian medis untuk amenore. Amenore yang tidak berhubungan dengan kehamilan atau transisi menopause (waktu ketika belum ada periode menstruasi selama 12 bulan berturut-turut dan tidak ada penyebab biologis atau fisiologis lainnya dapat diidentifikasi, dan perempuan adalah pada akhir tahun ditentukan biologis-nya bisa hamil ) harus diselidiki lebih lanjut untuk menyingkirkan kondisi-kondisi yang serius yang dapat mengakibatkan amenore.

Bagaimana amenore didiagnosis?

Diagnosis amenore memerlukan riwayat medis berhati-hati untuk mendokumentasikan kehadiran amenore serta setiap coexisting lain kondisi medis yang mungkin menjadi penyebab amenore. Pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan panggul juga dilakukan.

Tergantung pada hasil pemeriksaan fisik sejarah dan tes diagnostik lebih lanjut mungkin diperintahkan. Tes darah mungkin diperintahkan untuk memeriksa tingkat hormon ovarium, hipofisis, dan tiroid. Tes-tes ini dapat mencakup pengukuran prolaktin, follicle-stimulating hormone (FSA), estrogen, thyrotropin, sulfat dehydroepiandrosterone (DHEA-S), dan testosteron. Untuk beberapa individu, tes kehamilan adalah tes pertama dilakukan.

studi Imaging, seperti USG, X-ray, dan CT scan atau MRI mungkin juga dianjurkan pada individu tertentu untuk membantu menentukan penyebab amenore.
Apa pengobatan untuk amenore?

Pengobatan kedua amenore primer dan sekunder ditentukan oleh tepat penyebab amenore tersebut. Tujuan pengobatan bisa untuk meredakan gejala ketidakseimbangan hormon, untuk mendirikan menstruasi, mencegah komplikasi yang terkait dengan amenore, dan / atau untuk mencapai kesuburan, walaupun tidak semua tujuan dapat dicapai dalam setiap kasus.

Dalam kasus-kasus di mana kelainan genetik atau anatomi adalah penyebab amenore (biasanya amenore primer), operasi mungkin dianjurkan untuk mengoreksi kelainan anatomi.

amenore hipotalamus yang berhubungan dengan penurunan berat badan, olahraga berlebihan, penyakit fisik, atau stres emosional biasanya dapat diperbaiki dengan mengatasi penyebab yang mendasari. Misalnya, berat badan dan pengurangan intensitas latihan biasanya dapat mengembalikan periode menstruasi pada wanita yang telah mengembangkan amenore karena berat badan atau terlalu latihan intensif, masing-masing, yang tidak memiliki tambahan penyebab amenore. Dalam beberapa kasus, konseling gizi mungkin bermanfaat.

Dalam kegagalan ovarium prematur, terapi hormon mungkin direkomendasikan baik untuk menghindari gejala tidak menyenangkan dari deplesi estrogen serta mencegah komplikasi (lihat di bawah) tingkat estrogen yang rendah seperti osteoporosis. Hal ini mungkin terdiri dari pil kontrasepsi oral untuk para wanita yang tidak hamil keinginan atau estrogen alternatif dan obat progesteron. Sementara terapi hormon pascamenopause telah dikaitkan dengan resiko kesehatan tertentu pada wanita yang lebih tua, wanita muda dengan kegagalan ovarium prematur bisa mendapatkan keuntungan dari terapi ini untuk mencegah keropos tulang.

Wanita dengan PCOS (polycystic ovary syndrome) mungkin mendapat manfaat dari perawatan yang mengurangi tingkat atau aktivitas hormon laki-laki, atau androgen.

obat agonis Dopamin seperti bromocriptine (Parlodel) dapat menurunkan kadar prolaktin tinggi, yang mungkin bertanggung jawab untuk amenore. Akibatnya, tingkat obat dapat disesuaikan oleh dokter orang itu jika sesuai.

Dibantu teknologi reproduksi dan pemberian obat gonadotropin (obat yang merangsang pematangan folikel di ovarium) dapat sesuai untuk wanita dengan beberapa jenis amenore yang ingin mencoba menjadi hamil.

Sementara banyak perusahaan dan individu telah dipasarkan terapi herbal sebagai pengobatan untuk amenore, tidak ada ini telah meyakinkan terbukti bermanfaat. terapi herbal tidak diatur oleh FDA AS dan kualitas obat herbal tidak diuji. Obat herbal telah dikaitkan dengan efek samping yang serius dan bahkan fatal pada kasus yang jarang, dan beberapa persiapan telah ditunjukkan untuk mengandung kadar racun yang tinggi. Sebelum memutuskan untuk mengambil obat alami atau alternatif untuk amenore, adalah bijaksana untuk mencari nasihat dari dokter kesehatan Anda.
Top of Form
Apa komplikasi dari amenore?

Infertilitas adalah komplikasi signifikan amenore bagi wanita yang menginginkan untuk menjadi hamil. Osteopenia (penurunan kepadatan tulang) atau osteoporosis adalah komplikasi tingkat estrogen yang rendah, yang mungkin terjadi dengan amenore berkepanjangan. komplikasi lain dari amenore tergantung pada penyebab amenore tersebut.

Amenorrhea dapat dicegah?

Amenore adalah gejala dan bukan penyakit itu sendiri. Oleh karena itu, amenorrhea dapat dicegah hanya sejauh bahwa penyebab yang mendasari dapat dicegah. Misalnya, amenore yang dihasilkan dari kondisi genetik atau bawaan tidak dapat dicegah. Di sisi lain, amenore yang dihasilkan dari diet ketat yang dikenakan diri atau latihan intensif biasanya dicegah.

Apa yang prospek bagi seorang wanita yang menderita amenore?

Prospek untuk amenore sangat bervariasi dan tergantung pada penyebab amenore tersebut. Hipotalamus amenore yang merupakan hasil dari stres, olahraga, atau penurunan berat badan umumnya dapat dikoreksi jika faktor yang bertanggung jawab dapat diperbaiki. Medis dan terapi hormonal dapat sangat bermanfaat dalam mencegah efek samping yang tidak menyenangkan atau komplikasi dari amenore pada wanita banyak.

Amenorrhea Sekilas

    * Amenore mengacu pada tidak adanya periode menstruasi, ini mungkin baik primer (berarti seorang wanita pernah dikembangkan periode menstruasi) atau sekunder (tidak adanya periode menstruasi pada wanita yang sebelumnya menstruasi).

    * Genetik atau kondisi bawaan adalah penyebab paling umum dari amenore primer.

    * Amenore mungkin akibat dari gangguan dari ovarium, kelenjar hipofisis, atau hipotalamus.

    * Intensif berolahraga, penurunan berat badan yang ekstrim, penyakit fisik, dan stres semua dapat mengakibatkan amenore.

    * Amenore adalah gejala dan bukan penyakit dalam dirinya sendiri, sehingga amenore bisa dicegah hanya sejauh bahwa penyebab yang mendasari dapat dicegah.

    * Infertilitas dan keropos tulang (osteoporosis) adalah komplikasi dari amenore.

    * Perawatan dapat mencakup operasi koreksi kelainan anatomi, obat-obatan atau terapi hormon, dan perawatan dari kondisi yang mendasari bertanggung jawab atas amenore.

    * Prospek untuk amenore bervariasi sesuai dengan penyebab amenore tersebut.

REFERENSI:

Saat evaluasi amenore. Subur Steril. November 2006; 86 (5 Suppl): S148-55.

AR Davis, R Kroll, Soltes B; N Zhang, Grubb GS, GD Constantine. Terjadinya menstruasi atau kehamilan setelah penghentian kontrasepsi oral terus menerus. Subur Steril. 2008 Mei; 89 (5) :1059-63.

eMedicine.com; "Amenore, Sekunder."

eMedicine.com; "Amenore, SD."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar